Fungsi Manfaat dan Tujuan Penilaian Kinerja Guru | PKG

Fungsi Manfaat dan Tujuan Penilaian Kinerja Guru | PKG - Anda seorang Guru ?? Tentunya tahu bukan apa yang dimaksud dengan PKG ? PKG adalah singkatan dari Penilaian Kinerja Guru. Nah sebenarnya dalam dunia pendidikan, khususnya sekolah, tidak hanya siswa yang harus dinilai, Guru juga ada penilaiannya. karena PKG ini juga berguna untuk kita semua dalam menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

Tugas dan peran guru dalam memberikan informasi  pendidikan sangatlah penting. karena pendidikan hanya akan tercapai jika kualitas gurunya ditingkatkan. Namun sayang, saat ini masih sangat sulit untuk mengetahui realita tentang seberapa berkualitasnya seorang guru. Jangankan mengetahui kualitas seorang guru secara pasti, untuk mendapatkan data real terkait performa guru di hadapan peserta didik pun tidaklah mudah. Bahkan, seorang kepala sekolah dan pengawas yang notebene kerap melakukan penilaian tidak pernah mendapatkan hasil yang akurat. Ini terjadi karena dalam kultur budaya Indonesia, kinerja guru ini masih sangat tertutup.

Fungsi Manfaat dan Tujuan Penilaian Kinerja Guru | PKG

Maka dari itu Penilaian Kinerja Guru | PKG ini sangat penting untuk kita semua para guru dan kepala sekolah. dan perlu diingat lagi bahwa PKG merupakan sebuah hal yang benar-benar harus diperhatikan dengan serius dan tidak boleh ditunda-tunda oleh kepala sekolah atau pengawas pendidikan. Penilaian ini merupakan salah satu kompetensi yang benar-benar harus dikuasai pengawas pendidikan, khususnya sekolah, karena PKG merupakan bagian dari kompetensi evaluasi pendidikan.

Fungsi Penilaian Kinerja Guru | PKG
PKG memiliki fungsi utama, yaitu untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.

Tujuan Penilaian Kinerja Guru | PKG
PKG dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kompetensi guru dan mengembangkan kinerja keprofesiannya. Selain itu, hasil dari PKG ini pun diperlukan untuk kenaikan pangkat dan golongan guru yang bersangkutan.

Dengan demikian, guru tidak perlu khawatir apalagi takut dengan adanya pemberlakukan sistem PKG ini. Toh, pengawasan terhadap kinerja guru bukanlah hal yang asing mengingat hal ini sudah sering dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah. Sekalipun hasil penilaian yang didapat masih kurang, para guru tidak lantas akan dikeluarkan dari sekolah. Guru-guru yang ternyata mendapat hasil penilaian kurang, justru akan diikutsertakan diklat atau pelatihan guna mengembangkan kemampuannya.

2 komentar: