Pengertian Absensi dan Jenis Jenis Absensi

Pengertian Absensi dan Jenis Jenis Absensi - Kalau saya cenderung menyebut presensi atau daftar hadir, namun yang benar yang mana saya tidak menyoalkan itu. Saya hanya ingin memberikan informasi tentang pengertian absensi dan jenis jenisnya. Absensi atau kartu jam hadir ialah dokumen yang mencatat jam hadir setiap karyawan di perusahaan atau pegawai, guru  atau juga siswa disekolah. Catatan jam hadir karyawan tersebut dapat berupa daftar hadir biasa, dapat juga pula berbentuk kartu hadir yang diisi dengan mesin pencatat waktu.
Pekerjaan mencatat waktu pada dasarnya dapat dipisahkan menjadi 2(dua) bagian yakni pencatatan waktu hadir (attendance time keeping) dan juga pencatatan waktu kerja (shop time keeping).

Saya selaku jadi guru masih menggunakan daftar hadir biasa, namun ternyata ada beberapa jenis daftar hadir yang patut kita ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut :


Pengertian Absensi dan Jenis Jenis Absensi
Absensi Catatan Tangan

Absensi catatan tangan biasanya terdapat diperusahaan-perusahaan kecil. Setiap karyawan tiba maupun pulang kantor. Saya termasuk menggunakan jenis absensi yang seperti ini.

Kelebihan absensi catatan tangan ini ialah murah dan juga mudah.

Kekurangan absensi catatan tangan

  • Pegawai atau pekerja dapat menulis waktu hadir maupun pulang sesuai dengan kehendaknya.
  • Pegawai atau pekerja dapat mencatatkan waktu hadir maupun pulang temannya yang belum datang atau juga pulang lebih awal.
  • Bagian penggajian akan dapat mengalami kesulitan pada saat merekap jam hadir pegawai atau pekerja pada akhir bulan.

Absensi Almano (Sistem Ceklok)
Absensi ini menggunakan mesin almano atau mesin absensi dengan sistem ceklok. Jadi pegawai atau pekerja yang ingin mengisi kartu jam hadir harus memasukkan kartu jam hadir ke mesin almano, dan secara otomatis kartu jam hadir akan mencetak jam hadir maupun pulang karyawan sesuai dengan jam kantor.

Kelebihan sistem ceklok

  • Mudah digunakan
  • Pegawai atau pekerja tidak bisa menulis waktu hadir maupun pulang sekendak hati.
  • Bagian penggajian akan sedikit terbantu pada saat merekap jam hadir pekerja, Disebab karena lebih rapih dan juga mudah dilihat.

Kekurangan sistem ceklok
Pegawai atau pekerja dapat mencatatkan waktu hadir maupun pulang temannya yang belum datang atau juga pulang lebih awal.

Absensi Sidik Jari (Finger Scan)
Jenis absensi seperti ini yang sekarang ini lagi naik daun, karena dari segi fungsinya alat ini bisa membuat para pekerja semakin disiplin.
Biasanya Absensi sidik jari ini digunakan oleh perusahaan menengah ke atas. Cara kerja pada sistem Finger Scan ini ialah dengan cara menempelkan salah satu jari pada mesin setelah memasukkan nomer identitas pekerja.

Kelebihan dari absensi sidik jari

  • Absensi tidak dapat digantikan oleh orang lain.
  • Proses perekapan data absensi akan menjadi lebih mudah.

Kekurangan sistem absensi sidik jari

  • Harganya relatif mahal.
  • Jika terdapat error maka data jam hadir karyawan tidak akan dapat diakses.
  • Tidak semua dapat melakukan finger scan dengan sukses sehingga terkadang tidak tercatat jika pegawai atau pekerja tersebut hadir kerja.

Absensi Telapak Tangan.
Biasanya sistem tersebut digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Cara kerja pada sistem tersebut mirip dengan cara kerja finger scan, yakni dengan cara menempelkan telapak tangan atau lima jari pada mesin setelah memasukkan no.Identitas pegawai atau pekerja.

Kelebihan absensi telapak tangan

  • Menggunakan teknologi tinggi.
  • Bagian penggajian akan dapat dengan mudah merekap jam hadir para pegawai atau pekerja , Disebabkan
  • karena sistem tersebut akan secara otomatis merekap jam hadir pekerja ketika melakukan finger scan.
  • Akan meningkatkan gengsi suatu perusahaan.

Kekurangan absensi telapak tangan

Harganya lebih mahal.
Jika terdapat mesin error maka data jam hadir pegawai atau pekerja tidak akan dapat diakses.
Tidak semua dapat melakukan finger scan dengan sukses sehingga terkadang tidak tercatat jika pegawai atau pekerja tersebut hadir kerja.

Nah tempat kerja anda sekarang ini menggunakan absensi yang mana ? tentunya pengennya adalah yang paling bawah ya, agar kita bisa bekerja lebih baik lagi dan lebih bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar