3 Langkah Tentukan Pilihan Karir

3 Langkah Tentukan Pilihan Karir - Apakah anda merasa karir kurang maksimal ?? Sehingga anda punya pikiran untuk mengubah karir dan mengganti arah. Terdapat beberapa pemikiran yang akan membantu anda dalam mengambil keputusan berani tersebut, yang dapat mengubah hidup anda. Namun apakah realistis untuk membicarakan tentang perubahan karir di tengah kondisi ekonomi seperti saat ini? Justru inilah saat yang penting untuk merencanakan karir anda. Jadi ambil kendali pekerjaan anda dan jangan menunggu faktor-faktor eksternal (seperti PHK) yang merubah karir anda.

Memilih karier selalu menjadi hal yang menarik bagi setiap orang. Apalagi, sekarang terdapat banyak variasi karier yang bisa dipilih, namun kerap juga membuat semakin bingung. Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara menentukan karier yang tepat ?? Baca point point dibawah ini :

3 Langkah Tentukan Pilihan Karir

Pikirkan apa yang membuat kamu tertarik

Buat tabel yang terdiri atas dua kolom. Kolom pertama yakni hal yang kamu minati. Sedangkan kolom kedua berisi alternatif jenis-jenis pekerjaan yang tersedia dan sesuai dengan passion-mu itu.

Memikirkan bagaimana mendapatkannya

Kamu bisa menambahkan kolom ketiga yang berisi persyaratan yang dibutuhkan pada pekerjaan itu. Kemudian, sesuaikan dengan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang kamu miliki. Jika ada persyaratan yang belum bisa kamu penuhi, cari cara untuk memenuhinya, misalnya dengan melakukan les atau kurusus di bidang tertentu.

Mencoba

Tambahkan kolom keempat. Kemudian, lakukan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjang pekerjaan tersebut. Misalnya, jadi volunteer, magang, menemani teman yang sedang melakukan kegiatan serupa, melakukan penelitian, cari mentor, bertanya dengan kerabat, dan lain sebagainya.

Semoga anda bisa mendapatkan karir yang oke punya.

1 komentar: