Beasiswa International Priority Scholarship

Beasiswa International Priority Scholarship - UMS menyediakan 50-60 beasiswa internasional yang diberi nama: International Priority Scholarship. Beasiswa ini mencakup seluruh biaya kuliah di UMS mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah hingga biaya wisuda. Biaya lain seperti praktik kerja lapangan, praktik rumah sakit, ujian ulang skripsi atau kegiatan student exchange dengan mitra di luar negeri tidak tercakup dalam beasiswa ini dan menjadi tanggungan mahasiswa. Program International Priority Scholarship berlaku untuk semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. UMS menyediakan 50-60 International Priority Scholarship yang terdiri atas tiga kategori:

  1. Mahasiswa Thailand dalam rangka pelaksanaan kerja sama Pemerintah Thailand dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  2. Mahasiswa asing yang kuliah di UMS pada program reguler, program kelas internasional, atau program double degree.
  3. Mahasiswa Indonesia yang akan menempuh kuliah di UMS pada program Kelas Internasional. Beasiswa pada kategori ini tidak berlakuk untuk program double degree.

Informasi selanjutnya pada dokumen ini terkait dengan International Priority Scholarship untuk mahasiswa Indonesia yang akan menempuh kuliah di program kelas internasional.

Fasilitas penerima International Priority Scholarship

  1. Bebas dari biaya Dana Pengembangan.
  2. Bebas dari biaya kuliah termasuk biaya SKS, biaya praktikum dan biaya ujian skripsi. Penerima beasiswa dievaluasi tiap semester dan jika prestasi tidak memuaskan, fasilitas ini dapat dibatalkan.
  3. Bebas dari biaya wisuda.

Syarat Pendaftaran

Yang berhak mendaftar sebagai calon penerima International Priority Scholarship adalah:

  1. Siswa kelas XII SMU/SMK pada tahun akademik 2013/2014.
  2. Siswa yang telah mendaftar sebagai calon mahasiswa di UMS pada Kelas Internasional dan telah dinyatakan lulus tes masuk, termasuk tes kesehatan bagi program studi yang mensyaratkan. Disarankan calon telah melakukan registrasi (biaya registrasi akan dikembalikan jika peserta dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa).

Prosedur Pendaftaran

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran International Priority Scholarship (formulir dapat dilihat di bagian bawah halaman ini atau dengan mengklik tautan ini).
  2. Menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua yang disahkan oleh pejabat tempat institusi berkerja ataupun dari kepala desa bagi wirausaha/ tani/ buruh. Surat tersebut menyebutkan jumlah tanggungan keluarga.
  3. Mengirim berkas melalui pos ke Panitia PMB UMS 2013/2014, Jl. A. Yani Tromol pos 1, Pabelan Surakarta 57162, atau fax +62 (271) 715 448, atau diserahkan ke panitia PMB di Gedung Admisi di kampus UMS.

Berkas pendaftaran

Berkas yang harus dikirim dalam proses pendaftaran adalah:

  1. Fotokopi formulir pendaftaran mahasiswa baru
  2. Fotokopi sertifikat lulus tes sebagai mahasiswa baru (termasuk tes kesehatan dan psikologi bagi Program Studi yang mensyaratkan) pada program kelas internasional
  3. Isian Formulir Pendaftaran International Priority Scholarship (Asli)
  4. Fotokopi bukti prestasi lain (legalisir sekolah) jika ada
  5. Surat keterangan penghasilan orang tua (Asli)

Waktu Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Seleksi

Proses seleksi penerimaan International Priority Scholarship bersamaan dengan proses seleksi Beasiswa Unggulan Muhammadiyah dan dilakukan dalam 2 (dua) gelombang dengan jadwal sebagai berikut.

Gelombang I Gelombang II
Batas penerimaan berkas 29 Maret 2014 28 Juni 2014
Proses seleksi dan wawancara dengan pimpinan UMS *) 4 – 5 April 2014 4 – 5 Juli 2014
Pengumuman dan Penandatanganan Surat Perjanjian 12 April 2014 12 Juli 2014

*) Jadwal wawancara akan diumumkan kemudian melalui website pmb.ums.ac.id
Sistem Seleksi

Proses seleksi dilakukan terhadap dokumen yang dikirim calon penerima beasiswa. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap dokumen, Pimpinan Universitas memutuskan nama-nama mahasiswa baru yang berhak menerima International Priority Scholarship. Keputusan pimpinan UMS bersifat final.
Jika Lolos Seleksi

Mahasiswa baru yang dinyatakan lolos sebagai penerima International Priority Scholarship diharuskan menandatangani Surat Perjanjian dengan UMS. Mahasiswa kemudian melapor ke bagian registrasi di Gedung Admisi di kampus I UMS.

FORMULIR Beasiswa Prioritas Internasional 2014.doc DOWNLOAD


Untuk informasi lebih lanjut terkait Beasiswa bagi mahasiswa baru, silakan menghubungi:
Ratnanto Fitiriadi, S.T., M.T. (HP: 085728053523)
Taufiq P.R. Telp. (0271) 717417 ext. 107 atau HP 0811264569

Tidak ada komentar:

Posting Komentar