Program Penjaringan Bibit Unggul Muhammadiyah dan Daerah (PBUMD)

Program Penjaringan Bibit Unggul Muhammadiyah dan Daerah (PBUMD) diperuntukkan bagi siswa yang saat ini sedang duduk di kelas XII SMU/SMK yang mempunyai prestasi dan kemampuan akademik yang baik, namun memerlukan dukungan pendanaan atau fasilitas keringanan biaya. UMS menyediakan beasiswa PBUMD untuk 100 mahasiswa baru. Program PBUMD berlaku untuk semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Program Double Degree.

Fasilitas penerima beasiswa PBUMD

Penerima beasiswa PBUMD akan menerima fasilitas berupa:

  • Fasilitas bebas tes akademik (bebas tes tertulis). Catatan: pendaftar program PBUMD tetap harus menjalani tes kesehatan jika memilih program studi yang mensyaratkan tes kesehatan; Tes kesehatan dilakukan di Gedung Admisi, kampus I UMS setelah peserta dinyatakan lolos sebagai calon penerima beasiswa; Fasilitas bebas tes akademik berlaku juga bagi pendaftar yang dinyatakan tidak lolos beasiswa jika kuota bebas tes masih ada.
  • Keringanan Dana Pengembangan sebesar 50%
  • Dana beasiswa sebesar Rp 100.000,00/bulan. Beasiswa diberikan selama 1 tahun. Peserta dievaluasi di akhir semester pertama. Jika prestasi peserta tidak memuaskan, beasiswa akan dihentikan. Setelah 1 tahun, peserta dapat mendaftar beasiswa jenis lain, misalnya beasiswa BPD Jateng, PPA, BBM, PPE, Pemda, instansi swasta, dll.

Syarat-syarat Pendaftaran

Yang berhak mendaftar beasiswa PBUMD adalah:

  • Siswa kelas XII SMU/SMK pada Tahun Akademik 2013/2014
  • Siswa yang memiliki prestasi meraih ranking 1–10 (sepuluh besar) di kelasnya selama 5 semester berturut-turut dengan nilai rata-rata rapor per semester ≥ 7,20 selama 5 semester

Prosedur Pendaftaran

  • Siswa mengisi Formulir Pendaftaran PBUMD dengan mendapat persetujuan/rekomendasi dari Kepala Sekolah (dalam bentuk tanda tangan Kepala Sekolah dan Cap Sekolah). Formulir dapat diunduh dengan mengklik tautan ini atau dengan melihat daftar di bagian bawah halaman ini.
  • Siswa mengirim Formulir Pendaftaran PBUMD dengan menyertakan dokumen berikut: foto kopi rapor 5 semester yang dilegalisir, surat keterangan penghasilan orangtua/wali murid dari instansi yang berwenang atau dari kelurahan bagi wiraswasta, sertifikat-sertifikat penghargaan selama di SMU/SMK.
  • Pengiriman bisa melalui pos ke Panitia PMB-UMS 2014/2015, Jl. A. Yani Tromol pos 1, Pabelan Surakarta 57162, atau fax +62 (271) 715448, atau diserahkan ke panitia PMB di Gedung Admisi UMS.

Berkas pendaftaran

Berkas yang harus dikirim dalam proses pendaftaran adalah:

  • Isian Formulir Pendaftaran PBUMD (Asli)
  • Foto kopi rapor 5 semester (yang dilegalisir sekolah)
  • Surat keterangan penghasilan orang tua (Asli)
  • Foto kopi sertifikat-sertifikat penghargaan (dilegalisir sekolah) jika ada

Waktu Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Seleksi

Proses PBUMD dilakukan dalam 2 (dua) gelombang dengan jadwal sebagai berikut:

Gelombang I Gelombang II
Batas penerimaan berkas 29 Maret 2014 28 Juni 2014
Proses seleksi 1 April – 11 April 2014 30 Juni – 11 Juli 2014
Pengumuman 12 April 2014 12 Juli 2014
Batas registrasi bagi yang dinyatakan diterima 17 Mei 2014 23 Agustus 2014


Sistem Seleksi

Setelah masa pendaftaran berakhir, proses seleksi dilakukan dengan memberikan skor terhadap nilai rapor dan prestasi siswa. Peserta dengan skor tertinggi akan menempati prioritas tertinggi sebagai calon mahasiswa penerima beasiswa PBUMD. Proses penentuan ranking dilakukan dengan program komputer dan bersifat fair sesuai bobot penilaian. Berdasarkan ranking skor tertinggi, Pimpinan UMS memutuskan nama-nama siswa yang berhak menerima beasiswa PBUMD. Keputusan pimpinan UMS bersifat final.
Registrasi

Siswa yang dinyatakan berhak menerima beasiswa PBUMD diharuskan melakukan pendaftaran dan registrasi sebagai calon mahasiswa UMS. Pendaftaran dilakukan dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00 dan menjalani tes kesehatan jika memilih program studi yang mensyaratkan tes kesehatan. Biaya tes kesehatan Rp 25.000,00. Setelah melakukan pendaftaran, calon mahasiswa melakukan registrasi dengan membayar 50% Dana Pengembangan dan biaya kuliah Semester I (SPP Cicilan I). Registrasi harus dilakukan sebelum batas tanggal registrasi sebagaimana tercantum pada tabel di atas.
Contact Person

Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa bagi mahasiswa baru, silakan menghubungi:
Ratnanto Fitiriadi, S.T., M.T. (HP: 085728053523)
Taufiq P.R. Telp. (0271) 717417 ext. 107 atau HP 0811264569

Formulir Pendaftarannya bisa anda Download Disini.

Formulir Pendaftaran PBUMD 2014 DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar