Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA - Untuk Tahun ajaran baru 2014/2015 nanti akan banyak yang berubah karena menggukan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Perubahan yang terjadi adalah Mata Pelajaran yang sedikit berbeda dari kurikulum KTSP. Perubahan Mata Pelajaran tersebut terjadi di Semua jenjang sekolah baik itu SD, SMP ataupun SMA. Perubahan yang terjadi apa saja? bagi yang belum mengetahui mata pelajaran yang dibuat pada kurikulum 2013 maka akan saya rinci mata pelajaran apa saja yang ada di sekolah SD, SMP maupun SMA.

Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

1. Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD (Sekolah Dasar)
Untuk siswa sekolah dasar (SD) hanya akan ada 7 mata pelajaran dari 11 mata pelajaran sebelumnya diajarkan di bangku sekolah dasar. 7 mata pelajaran yang akan diajarkan untuk siswa SD di kurikulum pendidikan baru 2013 adalah sebagai berikut :

  1. Pendidikan Agama
  2. Bahasa Indonesia
  3. PPKn
  4. Matematika
  5. Kesenian
  6. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan
  7. Pengetahuan Umum

Mata Pelajaran Pengetahuan Umum merupakan gabungan dari mata pelajaran IPA dan IPS.

2. Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SMP (Sekolah Menengah Pertama)
Untuk tingkat SMP pada kurikulum 2013 ini juga mengalami beberapa perubahan dari kurikulum yang sebelumnya. Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.

Struktur Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:

Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Ekstra Kurikuler SMP/MTs antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- OSIS
- UKS
- PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang disesuaikan dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.

3. Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SMA (Sekolah Menegah Atas)
Untuk Mata Pelajaran SMA yang menggunakan kurikulum 2013 juga berbeda pada saat masih menggunakan KTSP. Perbedaannya bisa anda lihat dibawah ini :

Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Kelompok mata pelajaran A dan B merupakan mata pelajaran wajib baik untuk SMA maupun untuk SMK. Jumlah jam dua kelompok mapel ini adalah 18 jam/minggu untuk setiap tingkat.Yang 18 jam ini kemudian ditambah dengan jam mapel peminatan akademik untuk SMA sebanyak 22 jam, sedangkan untuk SMK ditambah jam mapel peminatan akademik dan vokasi sebanyak 28 jam. Secara keseluruhan jumlah jam/minggu untuk SMA adalah 40 jam. Untuk SMK 46 jam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar