Pengertian Rebiosasi dan Manfaatnya

Pengertian Rebiosasi dan Manfaatnya - Kali ini kampus-info akan memberikan materi tentang rboisasi. Mungkin anda sudah pernah mendengar istilah reboisasi, namun anda masih bingung sebenarnya apasih reboisasi itu ? seringkali  muncul pertanyaan semacam ini di soal semesteran maupun ujian nasional. Jadi tidak salah jika saya akan memberikan pengertian untuk anda semua. Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul).
Reboisasi ini berguna untuk dapat meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan cara menyerap polusi serta debu dari udara,kemudian membangun kembali habitat serta ekosistem alam, juga mencegah pemanasan global dengan cara menangkap karbon dioksida dari udara, dan juga dapat dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu).

Pengertian Rebiosasi dan Manfaatnya

Menurut (Manan 1978) Reboisasi ialah kegiatan penghutanan kembali kawasan hutan bekas tebangan maupun lahan-lahan kosong yang terdapat di dalam kawasan hutan

Menurut (Kadri dkk, 1992) Reboisasi ialah membangun hutan baru pada area bekas tebang habis, bekas tebang pilih, atau pada lahan kosong lain yang terdapat di dalam kawasan hutan termasuk reboisasi
Reboisasi meliputi kegiatan permudaan pohon, penanaman jenis pohon lainnya di area hutan negara dan juga area lain sesuai rencana tata guna lahan yang diperuntukkan sebagai hutan.

Manfaat Dari Reboisasi

  • ialah untuk keseimbangan alam
  • ialah untuk Mencegah terjadinya banjir
  • ialah untuk Mencegah global warming
Nah sekarang sudah mengerti kan reboisasi itu apa, apakah dilingkungan anda sudah menjalankan program reboisasi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar