Pengertian Akreditasi

Pengertian Akreditasi - Mendengar kata akreditasi pasti juga berkaitan dengan mutu dan kualitas. Sebenarnya apa sih akreditasi itu ? Kok dalam dunia pendidikan seringkali mendengar istilah akreditasi. Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi baik itu sekolah menengah maupun perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Bentuk penilaian mutu eksternal yang lain adalah penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin, pemberian lisensi oleh badan tertentu. Ada juga pengumpulan data oleh badan pemerintah bagi tujuan tertentu, dan survei untuk menentukan peringkat (ranking) perguruan tinggi.

Yang ingin kami bahas disini adalah akreditasi untuk perguruan tinggi atau kampus baik itu kampus negeri maupun swasta. Akreditasi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) sangat penting bagi masyarakat kampus karena merupakan nyawa juga didalam kampus tersebut. Jika Akreditasinya bagus otomatis mahasiswa yang akan masuk di perguruan tinggi tersebut akan semakin banyak karena mengingat nilai akreditasi juga merupakan mutu dari kampus itu sendiri.

Pengertian Akreditasi

Nah siapa yang mengurusi akrediatasi ini ? Lembaga yang mengurusi masalah standarisasi tempat pendidikan formal/Perguruan Tinggi tersebut di Indonesia biasa disebut BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Dalam websitenya kita bisa menemukan mana-mana saja perguruan tinggi yang akreditasinya A, B maupun C untuk setiap Program Studi yang dimilikinya.

Sedangkan penetapan standarisasi akreditasi ini dinilai berdasarkan, antara lain :
- kurikulum
- jumlah tenaga pendidik (dosen tetap)
- mahasiswa
- dan juga sarana dan prasarana pendidikan.

Dengan kata lain, Kita bisa menyimpulkan bahwa Program Studi di perguruan tinggi X adalah bagus atau bermutu jika kampus tersebut memperoleh akreditasi A dari lembaga tersebut.

Nah sudah mengerti kan sekarang akreditasi itu apa dan manfaatnya..Semoga anda tidak keliru dalam memilih jurusan nanti. Terimakasih.

1 komentar: