5 Program Studi Paling Prospektif

5 Program Studi Paling Prospektif - Memilih jurusan memang gampang gampang susah, namun yang menjadikan kita perlu banyak berfikir adalah bagaimana kedepannya nanti setelah lulus kuliah. Hal ini yang banyak dikeluhkan orang orang karena kebingungan dalam memilih jurusan. Salah satu kebingungan yang dialami oleh sebagian besar orang dalam pemilihan program studi / jurusan kuliah yang akan menjadi tempat pendidikan selanjutnya. Kesulitan tersebut berawal dari kurangnya pengetahuan dan wawasan mengenai program studi dan prospeknya kedepan.

Faktor utama kunci keberhasilan adalah minat dan bakat. Kegiatan perkuliahan pada jenjang pendidikan tinggi memerlukan waktu yang relatif panjang dan penuh perjuangan. Jadi apabila kita sudah punya niat dan bakat, maka dalam menjalani proses perkuliahan pada program studi yang benar-benar diminati tentu akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Sebagai contoh siswa yang menyukai hitungan, sebaiknya masuk ke program studi yang juga mempelajari ilmu hitung.





5 Program Studi Paling Prospektif


Bagi anda semua yang masih bingung ataupun bimbang dalam menentukan program studi sehingga menggangu pilihan anda. Maka kampus info akan memberikan referensi 5 Program Studi yang Paling Prospektif di Indonesia.

1. Sektor Migas dan Geologi
Indonesia merupakan negara kaya akan sumberdaya geologi. Secara geologi Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng yang menghasilkan deretan gunung api. Kondisi demikian menguntungkan sekaligus menempatkan Indonesia menjadi negara yang rawan bencana alam. Kondisi menguntungkan tersebut tercermin pada melimpahnya sumberdaya alam.

Sumberdaya alam seperti minyak bumi, gas alam, emas, batubara, nikel, dan uranium tersebar di wilayah Indonesia. Atas dasar kondisi dan karakteristik wilayah Indonesia, maka sektor minyak dan gas menjadi sektor yang paling prospektif di Indonesia di masa yang akan datang. Program studi yang terkait dengan bidang ini yaitu Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, dan Teknik Pertambangan. Tercatat Program studi ini terdapat di beberapa Universitas di Indonesia seperti UGM, ITB, UNSRI, dan UPN “Veteran” Jogja.

2. Sektor Kesehatan
Jumlah penduduk Indonesia adalah salah satu yang paling banyak di Dunia. Kebutuhan akan sektor kesehatan di Indonesia tidak sebanding dengan tersedianya sumberdaya manusia yang mumpuni. Atas dasar kondisi jumlah penduduk dan kesiapan aspek sumberdaya manusia, maka sektor kesehatan menjadi bidang yang prospektif di masa yang akan datang.

Program studi yang terkait dengan bidang ini adalah Kedokteran, Kebidanan, Ilmu Gizi, dan Keperawatan. Program studi ini tersebar di berbagai universitas di Indonesia seperti UGM, UNAIR, UNSRI, UNDIP, Universitas Respati Jogja, UII Jogja, berbagai akademi kebidanan…..dll.

3. Engineering (Keteknikan)
Kemdikbud akhir-akhir ini menggalakkan pendidikan vokasi (kejuruan). Salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap keberlangsungan bidang vokasi adalah dibentuknya program studi kejuruan pada berbagai universitas di Indonesia.

Sepertinya pemerintah kedepan ingin membekali generasi yang akan datang dengan keahlian pada bidang tertentu seperti ahli mesin, elektro, dan instrumentasi. Program studi yang terkait dengan bidang ini adalah Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Arsitektur. Program studi ini terdapat di berbagai universitas di Indonesia seperti ITB, UGM, ITS, UNDIP,….., dll.

4. Pendidikan
Segala bentuk profesi yang telah dijelaskan diatas berawal dari proses pendidikan. Mulai dari seorang engineering, dokter, ahli gizi, perawat, bidan,…., dll dihasilkan dari kegiatan pendidikan yang berlangsung mulai dari TK, SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di Dunia. Setiap penduduk dipastikan akan menyekolahkan dan mengkuliahkan anak-anaknya. Atas dasar kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, maka bidang pendidikan merupakan bidang yang termasuk kategori paling prosepektif di Indonesia. Program studi yang terkait dengan bidang ini adalah segala program studi pendidikan yang ada di berbagai Universitas di Indonesia seperti UNY, UNNES, UPI,…. dll.

5. IT
Perkembangan teknologi sangat pesat di Indonesia. Segala bentuk proses memerlukan teknologi seperti fasilitas kantor, pendidikan, dan kesehatan. Atas dasar kondisi pentingnya kebutuhan IT dalam kegiatan sehari-hari, maka bidang ini menjadi bidang yang sangat prospektif kedepannya di Indonesia.

Program studi yang relevan dengan bidang ini adalah Teknik Informatika dan Ilmu Komputer. Program studi ini tersebar di berbagai Universitas di Indonesia seperti ITB, UGM, ITS,….dll.

Itulah beberapa program studi atau jurusan yang paling prospektif versi kampus-info. Namun kami tekankan bahwa semua jurusan / program studi itu semuanya bagus, baik itu pendidikan maupun non pendidikan, semua itu tergantung kita yang melakukannya. Apabila dilakukan dengan sungguh sungguh maka cita cita kitapun juga akan terpenuhi dengan adanya kerja keras dan berdoa. Apabila anda ingin melihat daftar nama nama kampus negeri mana saja yang ada program studinya diatas maka anda baca di kampus negeri se indonesia. Anda bisa memilih kampus mana saja yang sekiranya cocok dengan anda dan dekat dengan rumah anda agar beban biaya kuliah juga lebih tercover.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar