UMY Menargetkan 1.000 Mahasiswanya ke Luar Negeri

UMY Menargetkan 1.000 Mahasiswanya ke Luar Negeri - Info kampus kali ini datang dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menargetkan untuk mengirim sebanyak 1.000 mahasiswanya ke luar negeri. Sebagai langkah awal, sekitar 67 mahasiswa UMY diberangkatkan ke tujuh negara untuk mengikuti student mobility program.

Pelepasan puluhan mahasiswa itu bertujuan mewujudkan cita-cita UMY sebagai perguruan tinggi swasta yang memiliki standart world class university. Tujuh negara yang akan dihinggapi 67 mahasiswa UMY itu antara lain Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, Australia, dan Spanyol. Mereka telah dilepas langsung Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMY Sri Atmaja P Rosyidi pada Senin 29 Juni 2015. Ingin lihat Profil kampus UMY?

Sri mengungkapkan, untuk saat ini UMY memiliki target mendatangkan 1.000 mahasiswa asing untuk belajar di UMY, dan sebaliknya UMY akan menargetkan mengirimkan 1.000 mahasiswa untuk belajar ke luar negeri.
UMY Menargetkan 1.000 Mahasiswanya ke Luar Negeri

“Saya berharap mahasiswa yang telah terpilih untuk melakukan student exchange dapat menjadikan kesempatan ini sebagai ajang untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Ilmu dari berbagai bidang bisa didapatkan melalui kegiatan ini, dan dapat membuka cakrawala pemikiran rekan-rekan mahasiswa,” ucap Sri sebagaimana di laman UMY, Kamis (2/7/2015).

Ditambahkan Sri, mahasiswa yang akan melaksanakan student exchange dapat membawa nama baik agama, negara, dan universitas khususnya dalam menimba ilmu di negara orang lain.

“Melalui student exchange, ini mahasiswa diharapkan untuk terus dapat mengibarkan tagline UMY yang unggul dan Islami, serta muda dan mendunia, juga tidak pernah lupa untuk mempertahankan identitas bangsa,” tambahnya.

Kepala Urusan Mahasiswa Internasional UMY Idham Badruzaman mengungkapkan, terdapat 150 mahasiswa UMY yang saat ini mendaftarkan diri untuk melakukan student exchange. Mereka tentu harus memenuhi beberapa persyaratan jika ingin belajar di luar negeri.

Yakni dengan proses penyeleksian yang terdiri dari seleksi berkas, pembuatan motivasion letter, hingga wawancara. Akhirnya, UMY mendapatkan 67 mahasiswa yang berhak mendapatkan kesempatan untuk melakukan student exchange.

“Hasil dari 67 mahasiswa yang terpilih tersebut berasal dari berbagai jurusan dan fakultas yang ada di UMY, mulai dari Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Ekonomi, Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, IPOLS, dan Teknik Informatika,” paparnya.

Ditambahkan Idham, untuk durasi pertukaran mahasiswa sendiri terbagi dalam beberapa waktu, yang dimulai dari pemberangkatan pada 5 Juli hingga akhir tahun 2015.

“Untuk durasi pertukaran mayoritas 1 semester, namun ada juga yang hanya 6 minggu, 11 hari, 7 hari, hingga 5 hari. Durasi tersebut berdasarkan MoU yang telah disepakati oleh masing-masing universitas dengan UMY,” tutupnya.

Wah semoga tercapai ya cita cita UMY. Jaya terus UMY.

sumber : okezone

1 komentar: