9 Hal yang Kamu Pasti Nyesel Kalo Gak Dilakukan Pas Muda [mbdc]

Perjalanan hidup manusia kan udah tentu dari muda menuju tua dong. Kecuali kamu Benjamin Button, yang pertumbuhannya kebalik. Nah, dalam perjalanan hidup ini pastinya setiap orang melakukan sesuatu yang akhirnya menjadi sebuah pengalaman, dan bisa dijadikan bahan renungan atau sekedar kenangan pas udah tua nanti.
Makanya kamu pasti suka denger kan orang ngomong kayak gini,"Mumpung masih muda" atau,"Setidaknya ada yang bisa diceritain ke anak cucu nanti". Emang, apa aja sih yang kira-kira harus kamu lakukan saat muda, biar pas udah tua gak nyesel? Ya, bisa apa aja sih, tapi kalau menurut penulis hal-hal berikut ini nih yang harus dilakuin pas kamu muda.

1. Bandel

Bandel itu emang layaknya dilakukan saat kamu masih muda. Karena saat muda kamu masih punya pemikiran-pemikiran kebebasan, pencarian jati diri, dan tenaga kamu pun masih lumayan penuh. Ibaratnya kalau kamu main game, kalau kena serangan musuh buat healingnya masih cepet.
Waktu masih muda kan kamu pasti masih punya jiwa rebel tuh. Peraturan-peraturan kamu langgar, coba-coba hal baru dan mungkin juga dilarang, gak pulang-pulang ke rumah, sampe ikut-ikutan demo. Nah, kalo kamu udah tua, kamu jadi banyak belajar pas udah tuanya. Trus kamu juga jadi tau gitu kalau punya adek atau anak nanti, gimana cara ngarahin dia.
Coba kalau mudanya kamu gak pernah bandel, yang ada kamu jadi gak tau gitu kalau adek, keponakan, atau anak kamu bandel harus ngambil tindakan kayak gimana. Dan biasanya sih orang yang pas mudanya gak bandel kemungkinan bakal bandel di usia tua. Biasanya sih itu jauh lebih nyeremin ketimbang bandel di usia muda.

2. Ganti-Ganti Pacar

Mumpung masih muda, kamu habisin deh tuh waktu buat deket sama lawan jenis. Jangan terpaku sama satu orang aja, mulai lah berkelana cinta. Bukannya penulis ngajarin kamu buat jadi orang brengsek yah. Tapi masa seumur hidup kamu mau kamu habisin sama satu orang itu aja sih? Ya itu emang sweet sih. Cuma kayak yang penulis kasih tau di poin pertama, orang yang mudanya gak bandel biasanya bakal bandel di usia tua. Dan setiap orang pasti punya titik jenuh. Kalau titik jenuhnya itu ada di saat kamu udah menikah, kamu jadi serba salah deh, karena udah ada ikatan pernikahan. Nyesel deh akhirnya kamu.
Nah, biasanya kan kalau orang yang mudanya suka gonta ganti pacar itu malah bakal ngerasa jenuh, dan akhirnya bisa setia banget sama pasangan terakhirnya. Di film-film drama percintaan hollywood sih selalu begitu ya.

3. Ngeband

Buat seorang cowok, kalau masih mudanya gak ngeband itu kayaknya ada yang kurang dalam bagian hidupnya. Ya, penulis emang tau di Indonesia musik belum bisa banget dijadiin harapan hidup. Nah karena itu lah kamu bisa bermain musik pas kamu muda, disaat kamu belum mikirin gimana caranya nyari duit, belum mikirin anak dan istri mau dikasih makan apa nanti, belum mikirin bayar cicilan rumah dan mobil, dan banyak lagi pikiran-pikiran lainnya.
Dengan ngeband di masa muda (walaupun band kamu cuma indie-indiean, dan gak pernah mendulang sukses besar) kamu jadi punya bahan yang bisa kamu banggain gitu deh ke anak cucu kamu kelak. "Nih liat nih, dulu Papa pernah ngeband di festival besar bareng Mercury Rev." Trus anak kamu jawab,"Mercury Rev apaan Pa?"

4. Nonton Konser

Ini juga salah satu bahan yang bisa kamu banggain di kemudian hari. Beda loh nonton konser saat kamu muda dan kamu tua. Kalau pas muda kamu masih bisa jejingkrakan, moshing-moshingan, setelah sebelumnya mengisi darah dengan asupan-asupan yang bisa bikin kamu gak sadarkan diri. Kalau kamu udah tua, nonton konsernya duduk. Mau maju ke depan juga rada malu, karena yang di depan isinya anak muda semua.
Oiya dengan sering nonton konser di masa muda, kamu juga bisa ngebandingin tuh sama anak atau cucu kamu yang mungkin juga suka nonton konser. "Wah dulu mah pas Mama nonton konser Metalica gak ada tuh yang sibuk angkat smartphone, tab, atau laptop. Semuanya pada joget dan bernyanyi.". Trus anak kamu jawab,"Metalica apaan Ma?

5. Jalan-Jalan

Emang sih pas kamu udah tua kamu masih bisa juga jalan-jalan bareng keluarga. Tapi kan tetep aja beda sama jalan-jalan kamu pas masih muda. Semangat kamu juga beda. Saat muda kamu pasti masih punya tenaga buat mengarungi hal-hal yang mungkin rada berbahaya. Tapi kalau udah tua? Palingan kamu cuma bisa ngikutin keluarga kamu mau jalan ke mana.
Nah, kalau uang kamu pas-pasan di masa muda, kamu masih bisa tuh cari-cari tiket pesawat murah, trus nginep di tempat yang ok buat kategori backpacker, makan juga bisa seadanya. Tapi kalau kamu udah tua? Ya mungking pesawat masih bisa dapet yang murah, tapi kalau penginepan rasanya gak mungkin aja gitu. Apalagi kalau kamu bawa anak. Pokoknya beda deh.

6. Punya Koleksi

Mumpung kamu masih muda, mulai deh ngoleksi suatu barang yang kamu suka. Misalnya kamu suka musik ya koleksi lah CD, vynil, atau alat-alat musik, kalau kamu suka mobil ya kamu mulai kumpulin deh tuh die-cast mobil. Karena kalau nanti kamu udah tua, keinginan buat mengoleksi kamu bakal berbenturan dengan koleksi perlengkapan anak kamu.
Ya emang kamu bisa aja sih tetep ngoleksi kalau kamu punya duit banyak. Tapi itu juga kalau udah dapet persetujuan istri kamu. Lagian kalau kamu punya koleksi, kamu bisa nyombong ke anak kamu,"Nih Papa punya vynil Pink Floyd buat kamu." Trus anak kamu jawab,"Repot banget Pa, mendingan denger di iPod tinggal klik, play, One Direction."

7. Nabung

Walaupun masa muda kamu itu bandel, suka jalan-jalan, nonton konser, trus beli barang-barang buat di koleksi, tapi sebisa mungkin kamu harus nabung juga sih, mau berapa pun nominalnya. Ya mumpung kamu masih dapet duit jajan dari orang tua, dan belum banyak keperluan, bisa-bisain lah nabung. Jadi kalo nanti kamu udah sreg ama satu orang gitu dan kamu mau nikahin, trus ditanyain sama orang tuanya,"Kamu punya apa?" kamu bisa jawab,"Saya punya tabungan 200juta Oom."
Sekarang coba deh kalau kamu mulai nabung pas udah kerja atau nikah? Sulit banget. Baru ditabung, tiba-tiba udah lenyap buat keperluan ini itu. Ya kecuali kalau keluarga kamu emang udah kaya yang turun menurun gitu deh, yang gak kayaknya gak bakal sulit buat jatuh miskin.

8. Belajar

Ini juga penting kamu lakukan saat kamu muda. Bandel gak apa-apa, tapi belajar mah jangan sampe ditinggalin. Emangnya kamu mau nanti pas udah tua suka diboongin orang? Emangnya kamu mau nanti pas mau ngelamar kerja ternyata udah gak ada yang nerima lulusan SMA? Emangnya kamu mau nanti pas anak kamu tanya soal pelajaran, trus kamu gak bisa jawab? Makanya belajar lah kamu selama kamu masih muda, walaupun belajar itu gak menginal usia. Tapi kamu kan gak tau apa yang bakal terjadi sama kamu di kemudian hari.

9. Bergaya Sexy

Serius deh. Orang-orang yang udah tua itu rasanya kurang enak banget bergaya sexy. Tapi ada juga sih orang tua yang masih bisa keliatan sexy pas udah tua.


Coba, enakan mana diliatnya? Makanya kalau mau sexy-sexyan mendingan pas masih muda aja deh.
Kira-kira apa lagi nih yang bakal bikin kamu nyesel kalau gak dilakuin pas masih muda? Share dong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar