Tutorial Memilih Presiden



1. Pastiin Nama Kamu Sah Sebagai Pemilih!

Ini penting banget nih. Untuk jadi pemilih, nama kamu harus ada di DPT alias Daftar Pemilih Tetap. Buat kamu yang udah cukup umur, bisa ngecek nama kamu ada atau nggak di situs KPU.
Kalau gak ada, kamu patut mempertanyakannya ke petugas pemilu setempat, atau nggak coba aja dateng ke rumah pak RT. Sekali-kali main lah ke rumah pak RT, siapa tau anaknya kece, ya gak?  Pokoknya jangan sampe nama kamu gak ada, karena bisa aja suara kamu disalahgunain sama orang-orang yang gak bertanggungjawab.

2. Pastiin Diundang

Emang enak ya dateng ke pesta kawinan kalau gak diundang?  Sama juga nih pas mau milih, meskipun nama kamu ada di Daftar Pemilih Tetap, tapi kalo kamu gak dapet Undangan, pastinya kamu berasa gak enak. Trus kamu juga bakal susah milih. Untuk itu makanya main-main lagi deh ke rumah pak RT dan tanyain kenapa kamu gak dapet undangan. Trus pak RTnya tanya kamu,"Loh kok kamu tau anak saya mau nikah?". Dan peluang buat dapetin anak pak RT yang kece pun lenyap. Tapi jangan sedih, karena kamu akhirnya bisa milih karena udah laporan ke pak RT.
Undangan ini berbentuk Formulir C6 yang disediain panitia pemilu setempat (RT/RW) dan mesti dibawa saat memilih presiden.

3. Minta Formulir A5

Kalau pas di hari pemilihan kamu ternyata lagi pergi jauh dari rumah, ingin meratapi kesedihan karena ditinggalin pacar, kamu bisa minta Formulir A5 dua minggu sebelum acara berlangsung. Entar kalo udah ngisi formulir, kamu cukup dateng dengan KTP saat pencoblosan.
Inget jangan salah
ini A5
ini A5
Kalo ini A1
Kalo ini A1
Gampang kan ya.

4. Cek Kedua Kandidat!

Nah ini yang paling penting. Milih presiden itu harus kayak milih pasangan hidup. Penuh pertimbangan. Cek bebet, bobot dan bibitnya. Yes, kamu harus tau betul-betul seluk beluk orang yang mau kamu jadiin pacar atau istri, eh maksudnya Presiden.
Terus, kalo udah nentuin pilihan jangan nyebar black campaign apalagi yang berbau SARA ya!

5. Pantau Yang Terpilih

Setelah memilih, jangan lupa untuk mantau hasil pemilu agar tidak ada kecurangan dan mantau presiden yang udah terpilih supaya visi-misi dan programnya terlaksana.
Pengen tahu lebih banyak? Mampir aja ke website ayovote dan KPU! http://zicko.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar