Pengertian Scanner dan Fungsinya

Pengertian Scanner dan Fungsinya - Halo pembaca setia kampus-info. Bagaimana kabar anda saat ini ? tentunya baik selalu khan ? nah kali ini kampus info akan memberikan materi tentang Scanner dan fungsinya. Pernahkah kalian mendengar kata SCAN saat pelajaran atau pada saat anda berada di tukang service dan mendengar kata SCAN.? Mari kita tilik bersama apa sih scan itu dan bagaimana cara kerjanya. siapa tahu anda juga sedang membutuhkan materi ini untuk tugas atau penelitian.

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, dan lain lain.
Pengertian Scanner dan Fungsinya

Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.

Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Cara kerja Scanner :

  • Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
  • Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
  • Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
  • Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
  • Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
  • Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.





Fungsi Scanner Komputer

Fungsi Scanner adalah suatu alat yang berkerja dengan memindahkan sebuah atau beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer kita.

Ada beberapa jenis koneksi ke komputer dari scanner yang paling umum digunakan, diantaranya:

  1. Jenis koneksi paralel merupakan koneksi model lama, karena komputer yang model lama koneksinya masih paralel port.
  2. Jenis koneksi usb versi 1 merupakan jenis koneksi setelah paralel port, koneksi usb 1 ini lebih cepat dari koneksi paralel port sehingga kecepatan untuk memindai selembar kertas bisa lebih cepat.
  3. Jenis koneksi usb versi 2 selain kecepatannya lebih cepat dari usb versi 1 dan paralel, koneksi usb versi 2 ini mulai populer karena laptop atau komputer saat ini banyak yang sudah tidak mendukung koneksi paralel port lagi.


Itulah beberapa catatan tentang pengertian scanner dan fungsinya. Kita tahu bahwa belajar itu tidak hanya membaca saja namun membutuhkan praktik agar bisa mempelajari lebih detil. Jadi jika anda membaca artikel ini harapannya anda segera mempunyai scanner dan bisa untuk modal usaha anda, Jika anda tidak punya usaha ya silahkan baca 7 Macam usaha yang cocok dikerjakan dirumah. Biar anda tidak menganggur dan tentunya mempunyai penghasilan sendiri tanpa harus minta kepada orang tua.


Seiring perkembangan jaman, scanner tidak lagi hanya berfunsi sebagai alat pemindai. Sekarang telah hadir scanner multi function (all in one) yang merupakan seperangkat scanner yang di dalam sudah terdapat fungsi printer, copy dan fax. Jadi fungsi scanner sudah lebih lengkap lagi, karena dengan memiliki sebuah scanner multi function kita sudah dapat memfoto copy suatu dokumen baik dalam model hitam putih dan berwarna (jika dokumen aslinya memang berwarna). Scanner all in one ini juga bisa sebagai printer dan alat fax.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar