Pengertian Nasionalisme

Pengertian Nasionalisme - Berjiwa nasionalis. Itulah salah satu visi misi di sekolah saya. Nah sebenarnya apa sih pengertian nasionalisme itu ? bahkan kita sebagai warga negara harus mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi. Apalagi bagi aparat negara. Jiwa nasionalisme harus benar benar tinggi. Jika kita ingin membahas lebih jauh tentang nasionalisme, maka kampus info akan membahas tentang pengertian nasionalisme. Siapkan kopi dan duduk yang manis yaaa. sebenarnya sebelum membaca ini sebaiknya anda baca dulu Cara agar Karir anda cemerlang. Karena biasanya apabila seseorang mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi otomatis karirnya juga akan tinggi.


Nasionalisme adalah paham kebangsaan, artinya bahwa suatu bangsa mempunyai perasaan cinta tanh air, cinta terhadap bangsa sendiri. Bangsa Indonesia menganut wawasan kebangsaan nasionalisme dalam arti luas, bukan paham nasionalisme dalam arti sempit. Artinya nasionalisme Indonesia tidak hanya mementingkan atau mengutamakan kelompok, wilayah, atau golongan tertentu dalam diri bangsa Indonesia. Nasionalisme Indonesia juga tidak bersifat mengagungkan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain.

Pengertian Nasionalisme

Aspek mendasar timbulnya nasionalisme adalah aspek sejarah. Melalui aspek sejarah biasanya suatu bangsa memiliki rasa senasib sepenanggungan serta harapan untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Dengan demikian nasionalisme adalah sikap politik dan sikap sosial suatu kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan budaya, wilayah, tujuan dan cita-cita.

Nah sudahkah anda pernah melakukan jiwa nasionalis ? yang ringan ringan saja dulu. Contohnya yang kita sering lakukan pada saat sekolah misalnya upacara setiap hari senin. Apabila kita melakukannya setiap senin dan dengan semangat maka kita termasuk sudah berjiwa nasionalis. Jangan sampai kita mempunyai sifat yang pemarah dan egois. Apabila kita mempunyai jiwa nasionalis insya allah anda akan terhidar dari sifat pemarah dan egois. Jadi Perbesarlah jiwa nasionalisme dimanapun anda berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar