Pengertian Kurikulum 2013 dan Tujuannya

Pengertian Kurikulum 2013 dan Tujuannya - Tahun ajaran baru ini bagi peserta didik baru sudah menggunakan sistem kurikulum 2013. apa yang dimaksud kurikulum 2013 ? dan apa perbedaannya dengan yang selama ini kita pakai dalam kegiatan belajar mengajar ? Bagi mereka yang menggeluti bidang pendidikan, tentu sudah tak asing lagi dengan kata kurikulum. Kurikulum berasal dari bahasa yunani kuno, curir yang artinya pelari dan curere yang berarti tempat pacuan.

Kurikulum merupakan istilah yang diambil dari dunia olahraga masa lalu yang memiliki makna jarak yang harus ditempuh oleh pelari. Setelah ditransfer ke dunia pendidikan, kurikulum berarti sejumlah mata pelajaran yang harus diselesaikan peserta didik.

Pengertian Kurikulum 2013 dan Tujuannya

Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.

Berikut ini adalah kurikulum Menurut beberapa para ahli yang kampus info rangkum dalam catatan disini.

1. Ronald C Doll mengatakan kurikulum sekolah adalah isi dan proses formal maupun nonformal yang mengantarkan peserta didik memperoleh pengetahuan dan pemahaman. Selain itu, peserta didik mengalami perkembangan keterampilan, perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah lembaga pendidikan.

2. J Galen, William M Alexandre, dan Arthur J Lewis menyimpulkan, kurikulum merupakan perencanaan untuk memperbaiki seperangkat pembelajaran agar seseorang menjadi lebih terdidik.

3. Danniel Tanner mengatakan, kurikulum merupakan rekontruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang dikembangkan sekolah atau perguruan tinggi. Tujuannya, peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya.

Jadi dari ketiga pakar tersebut kita bisa simpulkan bahwa kurikulum adalah kumpulan pelajaran yang diberikan kepada peserta didik secara teoretis maupun praktik selama mengikuti suatu proses pendidikan. Di sini, kurikulum lebih bersifat pragmatis karena hanya menyediakan bekal pengetahuan dan keterampilan agar peserta didik dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya

Arti lain kurikulum ialah semua pengalaman yang diberikan lembaga pendidikan kepada peserta didik. Hal ini mencakup teknis yang diatur dalam lingkungan pendidikan, yang dinilai mendukung kelulusan peserta didik secara optimal. Contohnya, pakaian seragam, penyediaan laboratorium, hingga penerapan penghargaan dan sanksi.

Jadi tujuan kurikulum 2013 adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Mungkin itu yang perlu diketahui pembaca jika sedang mencari cari informasi tentang kurikulum 2013. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar